Skip to main content

Alur Pencatatan

Penerimaan Barang

Penerimaan Barang dilakukan oleh Pejabat PBJ melalui menu Persediaan -> Pembelian dengan berpedoman pada langkah berikut.
1

Menginput Tanggal Nota

Input Tanggal Nota dilakukan melalui Tombol Sunting pada record yang akan diinput tanggal notanya.
Export Template

Input Tanggal Nota

2

Melengkapi Rincian Barang Yang Diterima

Pejabat PBJ menambahkan rincian barang yang diterima melalui Halaman Detail Pembelian Persediaan dan mengklik tombol Buat Barang Persediaan.
Tambah Barang

Menambah Rincian Barang Persediaan yang diterima

Menambahkan rincian barang persediaan juga dapat dilakukan dengan mengklik Tombol Aksi pada record yang akan ditambahkan rincian barangnya. Selanjutnya pilih aksi Import dari KAK. Dengan cara ini, Anda tidak perlu menambahkan satu per satu barang yang diterima.
Import Barang

Menambah Rincian Barang Persediaan melalui Import dari KAK

3

Menandai Bahwa Barang Telah Diterima

Setelah barang persediaan ditambahkan sesuai dengan barang yang diterima. Pejabat PBJ menandai bahwa barang telah diterima dengan mengklik Tombol Aksi dan memilih aksi Terima Barang
Export Template

Menandai bahwa barang persediaan telah diterima

Tombol Terima Barang hanya akan muncul pada Halaman Detil Pembelian Persediaan. Hal ini bertujuan agar rincian barang persediaan diperiksa terlebih dahulu kesesuaiannya sebelum ditandai diterima.

Pemberian Kode

Pada saat barang persediasan telah diterima oleh Pejabat PBJ, Pengelola persediaan akan mendapatkann notifikasi untuk melakukan pengkodean barang persediaan.
Notif Kode

Tampilan Notifikasi Pengkodean Barang

Pemberian kode barang persediaan dapat dilakukan melalui Halaman Detail pada menu Pembelian Persediaan. Pilih Tombol Sunting pada daftar barang yang inin diberi kode.
Kode Persediaan

Tampilan Halaman untuk pengkodean barang persediaan

Jika kode barang persediaan belum ada pada Master Barang Persediaan, Anda dapat langsung menambahkan dengan mengklik tombol
tambah Kode

Tombol untuk menambahkan kode barang persediaan

Mencetak Pernyataan Penerimaan

Tahap selanjutnya adalah mencetak Pernyataan Penerimaan Barang Persediaan oleh Pengelola Persediaan. Pernyataan ini dapat dicetak melalui Tombol Aksi pada record yang akan dicetak, kemudian pilih Unduh Pernyataan Penerimaan.
cetak terima

Aksi Cetak Pernyataan Penerimaan

Saldo persediaan tidak akan berubah sebelum Pernyataan Penerimaan dicetak!

Pencatatan di Aplikasi Sakti

Tahapan Selanjutnya adalah Pencatatan BAST Barang Persediaan di Aplikasi Sakti oleh Operator Komitmen. Pencatatan nomor BAST, Tanggal BAST, Tanggal Buku dan Kode Barang di Aplikasi Sakti berdasarkan keterangan yang terdapat di Halaman Detail Pembelian Persediaan.
Unduh Persediaan

Tampilan Halaman detail Pembelian Persediaan

Anda dapat mengklik tombol papan clipboard untuk menyalin kode barang.
Copy kode

Tombol clipboard untuk menyalin kode barang